Pages

Labels

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Wednesday 21 December 2011

Menyimpulkan Gagasan Tokoh dalam Wawancara

Menyimpulkan Gagasan Tokoh dalam Wawancara
          Wawancara adalah Tanya  jawab dengan  seorang (penjabat dan sebagainya) yang diperlukan  untuk dimintai keterangan atau pendapatnya mengenai suatu hal untuk dimuat surat kabar, disiarkan melalui radio, atau ditayangkan di layar  televisi. Wawancara bertujuan untuk mendapat informasi tentang sesuatu hal yang perlu diberitakan kepada orang banyak. Wawancara biasanya dilakukan oleh pihak yang berkepentingan dengan narasumber yang diperkirakan dapat memperkuat masalah yang dijadikan objek wawancara.
    Contoh Wawancara
Herlina         : Selamat pagi Dokter Yoga, perkenalkan nama saya Herlina. Saya dari SMP Taman Laut.
Dokter Yoga : Selamat pagi! Saya senang sekali berjumpa dengan Adik.
Herlina         : Dok, maksud kedatangan saya ini adalah untuk mewawancarai Dokter mengenai sejumlah tanaman obat di Indonesia, khususnya temu lawak. Beberapa waktu yang lalu, saya membaca profil anda di jurnal yang menyebutkan bahwa anda adalah peneliti Temu lawak di Korea. Dokter Yoga tidak keberatan ‘kan?
Dokter Yoga : Oh... tentu saja tidak. Saya justru senang karena temu lawak yang berkasiat itu menjadi dikenal dan diperhatikan manfaatnya oleh orang banyak. Silakan saja apa yang ingin Adik ketahui tentang temu lawak?
Herlinda       : Mengapa Anda tertarik meneliti temu lawak, Dok?
Dokter Yoga : Jika Anda berbicara tentang ginseng pasti yang terlintas negara Korea, padahal, negara penghasil ginseng terbesar di dunia adalah Kanada dan Cina. Orang Korea sendiri juga mengimpor bahan dasar gingseng dari Kanada dan Cina. Sebaliknya, tanaman temu lawak hanya terdapat di Indonesia. Saya berharap temu lawak bisa menjadi ikon tanaman obat dari Indonesia, sama seperti gingseng yang sudah menjadi ikon Korea.
Herlina         : Apakah temu lawak termasuk tumbuhan yang sulit tumbuh?
Dokter Yoga : Oh, tidak. Temu lawak mudah tumbuh di berbagai daerah di Indonesia, temu lawak dapat ditemukan di Jawa, Bali, NTB, dan Maluku Selatan. Temu lawak yang nama latinnya Curcuma zanthorrhiza merupakan tanaman yang hampir tidak memiliki musuh (hama). Tanaman itu menghasilkan antijamur, ia tidak akan terkena jamur karena temu lawak sendiri menghasilkan jamur.
Herlina         : Apa saja manfaat temu lawak, Dok?
Dokter Yoga : Manfaat temu lawak, antara lain sebagai antiketombe, untuk pasta gigi, dan memungkinkan dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kanker. 

0 comments:

Post a Comment